Selasa, 03 Februari 2015

Soto Banjar



Soto Banjar Asli

Resep soto banjar asli spesial.Tak sesulit yg ada dibenak anda cara membuat soto ayam enak khas kota banjar ini, dibanding lamongan dan kudus?. Pembaca RESEP4 dapat coba soto banjar dgn mudah dan cepat juga dengan bahan-bahan, bumbu yang tersedia sehari-hari dirumah sendiri, jadinya gak usah belanja susah-susah lagi, yang pasti bahan utama ayam yang harus anda beli dulu, boleh ayam kampung boleh juga ayam buras, sedangkan pelengkap lainnya itu sekedar optional(sesuai selera) saja




Bahan dan bumbu soto :
  • 1/2 ekor ayam kampung,- potong-potong sesuai selera
  • 1 1/2 sendok makan garam
  • 3 cm jahe,-memarkan dulu
  • 2 lembar daun salam kering
  • 2 liter air bersih

Bumbu halus Resep Soto Banjar :

> 10 butir bawang merah
> 1 sendok teh merica butir
> 5 siung bawang putih

Bahan ditumis :

> 3 buah kapulaga
> 3 cm kayumanis
> 4 butir cengkih
> ½ buah pala

Pelengkap :

> 100 gram soun kering, seduh air panas, tiriskan
> 4 butir telur rebus, belah dua
> 6 buah perkedel kentang
> 1 batang daun bawang, iris halus
> 2 batang seledri, iris halus
> 3 sendok makan bawang goreng, untuk taburan
> 2 buah jeruk nipis, belah-belah
> Secukupnya Kecap manis
> Secukupnya Ketupat
Tata Cara membuat soto ayam banjar :
  1. - Pertama-tama Rebuslah ayam bersama garam, daun salam, dan jahe hingga empuk dan juga matang. Angkat dan suir suir dagingnya. Sisihkan. Biarkan air kaldu mendidih dengan api kecil.
  2. - Selanjutnya ambil wajan dan Tumis bumbu halus,kapulaga,kayumanis,cengkih dan juga pala sampai harum. Angkat dan masukkan tumisan ini ke kaldu mendidih. biarkan mendidih. selesai Resep Soto Banjar nya.
Nah Selesai sudah pembuatan soto ini dengan Resep Soto Banjar Asli dari RESEP4, anda bisa angkat kuahnya. cara penyajiannya seperti biasa : ambil mangkok lalu atur ketupat, soun, perkedel, telur, dan ayam suir. Siram dengan kuah soto. Taburkan daun bawang, seledri, dan bawang goreng, lalu beri kecap dan air jeruk nipis, jangan lupa sambal. silahkan cicicipi.
Eiiiiiitt Cukup singkat dan juga cepat, rasanya tak diragukan lagi, sedap, gurih dan segar dgn rempah-rempah yang lengkap dan tentunya bergizi tinggi, mengenyangkan, gak percaya ? silahan coba, baca juga soto ayam bening. Dengan begitu sekian postingan Resep Ayam Banjar Asli ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar